Hukum Qadha Shalat
Posted by
Unknown
on
Sunday, November 17, 2013
with
No comments
Shalat fardhu yang tidak dilaksanakan pada waktunya baik karena ketiduran atau lupa, maka hukumnya wajib diqadha pada waktu yang lain segera setelah dia ingat. Kecuali bagi wanita haid dan nifas maka sholat yang ditinggalkan tidak boleh diqadha bahkan haram. Hal ini berdasarkan sabda Rosululloh saw,
مَنْ نَامَ عَنْ صَلاَةٍ أَوْ نَسِيَهَا فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا لاَ كَفَارَةَ لَهَا إِلاَّ ذَلِكَ
Dalam Kitab Safinatunnaja hal 45 dikatakan, “Udzurnya sholat hanya ada dua : Karena tidur; dan karena lupa.”
حاصل
المذهب : أنه إذا فاتته فريضة وجب قضاؤها ، وإن فاتت بعذر استحب قضاؤها
على الفور ويجوز التأخير على الصحيح . وحكى البغوي وغيره وجها : أنه لا
يجوز وإن فاتته بلا عذر وجب قضاؤها على الفور على الأصح ، وقيل : لا يجب
على الفور ، بل له التأخير ، وإذا قضى صلوات استحب قضاؤهن مرتبا ، فإن خالف
ذلك صحت صلاته عند الشافعي ومن وافقه سواء كانت الصلاة قليلة أو كثيرة
مباحث
قضاء الصلاة الفائتة حكمه قضاء الصلاة المفروضة التي فاتت واجب على الفور
سواء فاتت بعذر غير مسقط لها أو فاتت بغير عذر أصلا باتفاق ثلاثة من الأئمة
( الشافعية قالوا : إن كان التأخير بغير عذر وجب القضاء على الفور وإن كان
بعذر وجب على التراخي
Mengqadha Sholat Bertahun-tahun
Jika seseorang mempunyai hutang sholat dengan jumlah banyak, seperti tidak sholat selama bertahun-tahun maka dia harus mengqadha sholat sejumlah yang dia yakini telah meninggalkannya.
شَكَّ فِى
قَدْرِفَوَائِتَ عَلَيْهِ لَزِمَهُ الاِتْيَانُ بِكُلِّ مَالَمْ
يَتَيَّقَنْ فِعْلَهُ كَمَا قَلَ اِبْنُ حَجَرٍوَمَ ر. وَقَالَ
القَفَّالُ: يَقْضِى مَا تَحَقَّقَ تَرْكَهُ.
Referensi lain yang senada dengan ta'bir di atas
- (Kitab Hasyiyah asy Syarqowi juz 1 hal 277)
- (Kitab Hasyiyah Qulyubi juz 1 hal 111)
- (Kitab Al Madzahib Al Arba'ah juz 1 hal 496)
Wallahu a'lam bish shawwab
File Dokumen Fiqh Menjawab
Categories:
Syariah
0 komentar :
Post a Comment