Aplikasi Al Qur'an dalam HP dan Komputer

Posted by Nasyit Manaf on Tuesday, May 06, 2014 with No comments
Software dan aplikasi Al Qur'an yang ada di dalam komputer, HP dan sejenisnya tidak dikategorikan sebagai mushaf, hal ini karena tulisan yang berupa ayat-ayat Al Qur'an yang nampak pada layar adalah pancaran sinar yang sifatnya tidak tetap, bisa nampak dan hilang, sementara kriteria sesuatu benda dihukumi mushaf adalah apabila tersebut tujuannya untuk dirasah (belajar) dan berbentuk tulisan yang sifatnya tetap, selain itu pada umumnya komputer, laptop atau HP berisi bermacam-macam file, sedangkan software atau aplikasi Al Qur'an filenya tidak terlalu besar, jadi software atau aplikasi tersebut hanyalah bagian kecil dari file-file, software-software dan aplikasi yang ada pada komputer, laptop atau HP.

Pendapat yang berbeda dikemukakan oleh Syekh Ahmad Asy-Syatiri dalam kitab beliau "Syarah Al-Yaqutun Nafis", dalam pembahasan hukum membawa kaset yang berisi rekaman bacaan Al Qur'an beliau menyatakan bahwa kaset tersebut dihukumi seperti mushaf Al Qur'an, alasannya meskipun itu hanya berisi suara yang tujuannya untuk didengar, bukan untuk dibaca tapi intinya sama dengan Al Qur'an, dan menurut beliau pendapat ini adalah pendapat yang ahwath (lebih berhati-hati). Pemahaman yang diambil dari keterangan beliau, jika kaset yang hanya berisi bacaan Al Qur'an saja dihukumi mushaf apalagi software atau aplikasi yang ada tulisannya dan memang ditujukan untuk dibaca. 

Kesimpulannya, software dan aplikasi Al Qur'an tidak dihukumi mushaf, sedangkan menurut Syekh Ahmad Syathiri dihukumi mushaf. Jadi apabila kita mengikuti pendapat yang menyatakan bahwa software dan aplikasi tersebut tidak dihukumi mushaf maka bagi orang yang sedang berhadats diperbolehkan memegang dan membawa laptop atau HP yang sudah diinstal software atau aplikasi Al Qur'an di dalamnya tanpa diharuskan wudhu atau mandi besar terlebih dahulu.

Meskipun boleh memegangnya tanpa harus wudlu terlebih dahulu, namun ketika diaktifkan tetap harus dihormati sebagaimana Al Qur'an, semisal ketika dihidupkan atau ditampilkan aplikasi Al Qur'an tersebut, janganlah dibawa masuk ke dalam wc, jangan diduduki dibawah pantat dan sebagainya. Wallohu a'lam bishshowwab

Referensi :

عَلَى خَشَبَةٍ وَخَتَمَ بِهَا الْأَوْرَاقَ بِقَصْدِ الْقِرَاءَةِ وَصَارَ يَقْرَأُ يَحْرُمُ مَسُّهَا ، وَلَيْسَ مِنْ الْكِتَابَةِ مَا يُقَصُّ بِالْمِقَصِّ عَلَى صُورَةِ حُرُوفِ الْقُرْآنِ مِنْ وَرَقٍ أَوْ قُمَاشٍ فَلَا يَحْرُمُ مَسُّهُ ا هـ قَوْلُ الْمَتْنِ

(Kitab Tuhfah Al Muhtaaj juz 2 hal 132)

ورابعها مس المصحف ولو بحائل ثخين حيث عد ماسا له عرفا والمراد بالمصحف كل ما كتب فيه شيء من القرآن بقصد الدراسة كلوح أو عمود أو جدار كتب عليه شيء من القرآن للدراسة فيحرم مسه مع الحدث حينئذ سواء

(Kitab Nihayatuzzain hal 32)

 وليس من الكتابة ما يقص بالمقص على صورة حرف القرآن من ورق أو قماش فلا يحرم مسه، وينبغي أن يكون بحيث يعد لوحا للقرآن عرفا، فلو كبر جدا كباب عظيم فالوجه عدم حرمة مس الخالي منه عن القرآن، ويحتمل أن حمله كحمل المصحف في أمتعة

(Kitab Nihayatul Muhtaj Juz 1 hal 124)

حكم حمل المصحف المسجل على الأشرطة
ظهر حديثا فى الأسواق أشرطة تسجيل مسجل فيها القرآن الكريم بأكملة يكون المصحف من عشرين شريطا تقريبا فهل حكم هذا المصحف كحكم المصحف المكتوب ؟ الذي أرى أن التسجيل على الشريط يحصل بأحرف منقوشة تثبت على الشريط وعلى هذا فيكون له حكم المصحف وقد قامت بعض الجمعيات فى مصر بتسجيل هذا المصحف بقرآات مجودة وأصوات جميلة علي أسطوانات خاصة وعلى أشرطة كاسيت وتسمى مصحفا وأعتقد أن له حكم المصحف والأحوط للمسلم أن يحتاط فإن قيل إن التسجيل هذا إنما هو الصدى وقد سجل للسماع لا للقراءة ؟ إنه فعلا صدى ولكنا لو نظرنا الى القصد من الأذان حقيقة أليس هو الإعلام ؟ وقد حصل به ؟ ولبعض الفقهاء أقوال تعبروا عن أرائهم ومفاهيمهم وليس من الضرورى قبولها كقولهم لو نظر إنسان الى صورة امرأة فى مرآة فيجوز له النظر اليها إنما ينظر الى الصورة فى المرآة حتى ولو كانت عارية فمثل هذا الكلام نظر ومن الصعب على النفس تقلبه

 (Kitab Syarah Al Yaqutun Nafis Hal 82-83)

File Dokumen Fiqh Menjawab (FM)
Categories: