Bunuh Diri, Takdirkah ?

Posted by Unknown on Wednesday, January 29, 2014 with No comments
Termasuk salah satu rukun iman yang ke 6 yaitu iman kepada qadha (takdir) dan qadar. Baik itu takdir baik ataupun takdir buruk. Ini adalah akidah ahlussunah wal jama'ah (Asy'ariyyah). Berbeda dengan akidah Mu'tazilah yang mengatakan bahwa takdir buruk adalah dari manusia itu sendiri bukan dari Alloh. Allah berfirman :

ما أصاب من مصيبة في الأرض ولا في أنفسكم إلا في كتاب من قبل أن نبرأها إن ذلك على الله يسير

"Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah." (QS. Al Hadid : 22)

إنا كل شيء خلقناه بقدر

"Sesungguhnya segala sesuatu kami jadikan dengan takdir." (QS. Al Qamar : 49)

Akan tetapi mengenai takdir baik dan buruk, adab kita sebagai hamba Alloh adalah tidak menghubungkan kepada Alloh kecuali perbuatan yang baik. Maka perbuatan yang jelek dihubungkan dengan diri sendiri dengan jalan kasab (ikhtiyar) meskipun hal itu nantinya dihubungkan dan dikembalika juga kepada kehendak Alloh.

Dalam Kitab Syarah Al Aqidah At Tohawiyah dikatakan :

"Takdir hidup dan mati seorang hamba adalah dari Alloh, begitu juga takdir sebabnya hidup dan mati juga dari Alloh."

Pembagian Takdir

أحدهما: تعلقه بالرب تعالى، فمن هذا الوجه ونسبته إليه يرضى به.
والوجه الثاني: تعلقه بالعبد ونسبته إليه، فمن هذا الوجه ينقسم إلى ما يرضى به وإلى ما لا يرضى به. مثال ذلك: قتل النفس

Takdir dibagi menjadi 2

1. Takdir yang bergantung kepada Alloh (mubram) dan diridloi oleh Alloh
2. Takdir yang bergantung dengan iktiyar/kasab (usaha) manusia dan dikembalikan pada Alloh (mu'alaq)
Dari jenis takdir ini, dibagi menjadi 2 :
a. Takdir yang diridloi oleh Alloh
b. Takdir yang tidak diridloi oleh Alloh, contohnya seperti bunuh diri
(Kitab Syarah Al Aqidah At Tohawiyah hal 169)

Penjelasan : Semua takdir yang masih ada pilihan (ikhtiyariyat) itu dikembalikan pada manusia itu sendiri. Ketika iman islamnya kuat insyaalloh dijauhkan dari takdir-takdir jelek dan tidak diridloi olehNya.

Contoh : Hari ini kita ditakdirkan mencuri. Berarti itu masih ada pilihan apakah kita akan melakukannya atau tidak. Jika kita didasari iman dan islam yang kuat maka akan menjauhi takdir tersebut. Sama halnya dengan bunuh diri.

Tambahan dalil beserta hadis shohih riwayat Muslim

وَفِي صَحِيحِ مُسْلِمٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: «قَالَتْ أُمُّ حَبِيبَةَ زَوْجُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: اللَّهُمَّ أَمْتِعْنِي بِزَوْجِي رَسُولِ اللَّهِ، وَبِأَبِي أَبِي سُفْيَانَ، وَبِأَخِي مُعَاوِيَةَ، قَالَ: فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَدْ سَأَلَتِ اللَّهَ لِآجَالٍ مَضْرُوبَةٍ، وَأَيَّامٍ مَعْدُودَةٍ، وَأَرْزَاقٍ مَقْسُومَةٍ، لَنْ يُعَجِّلَ شَيْئًا قَبْلَ أَجَلِهِ، وَلَنْ يُؤَخِّرَ شَيْئًا عَنْ أَجَلِهِ، وَلَوْ كُنْتِ سَأَلْتِ اللَّهَ أَنْ يُعِيذَكِ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ-: كَانَ خَيْرًا وَأَفْضَلَ».

فَالْمَقْتُولُ مَيِّتٌ بِأَجَلِهِ، فَعَلِمَ اللَّهُ تَعَالَى وَقَدَّرَ وَقَضَى أَنَّ هَذَا يَمُوتُ بِسَبَبِ الْمَرَضِ، وَهَذَا بِسَبَبِ الْقَتْلِ، وَهَذَا بِسَبَبِ الْهَدْمِ، وَهَذَا بِسَبَبِ الْحَرْقِ، وَهَذَا بِالْغَرَقِ، إِلَى غَيْرِ ذَلِكَ مِنَ الْأَسْبَابِ. وَاللَّهُ سُبْحَانَهُ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ، وَخَلَقَ سَبَبَ الْمَوْتِ وَالْحَيَاةِ.

Kitab Syarah Al Aqidah At Tohawiyah

File Dokumen Fiqh Menjawab
Categories: