Shalat Jum'at Bagi Wanita
Posted by
Unknown
on
Wednesday, January 29, 2014
with
2
comments
Hukum asal wanita tidak diwajibkan shalat jum'at, berdasar hadis Nabis saw
"Shalat Jumat kewajiban bagi setiap orang muslim secara berjamaah kecuali bagi hamba sahaya, wanita, anak kecil dan orang sakit.” (HR. An-Nasaa)
الجمعة حق واجب على كل مسلم في جماعة إلا أربعة عبد مملوك أو امرأة أو صبي أو مريض
"Shalat Jumat kewajiban bagi setiap orang muslim secara berjamaah kecuali bagi hamba sahaya, wanita, anak kecil dan orang sakit.” (HR. An-Nasaa)
من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فعليه الجمعة الا على امرأة أو مسافر أو عبد أو مريض
"Barang siapa iman kepada Allah dan hari akhir maka wajib baginya shalat jumat kecuali bagi wanita, orang bepergian, hamba dan orang sakit” (HR. Abu Daud dan Baihaqi)
Akan tetapi jika wanita melakukan shalat jum'at, maka baginya sudah mencukupi dari shalat dzuhur.
"Orang yang shalat dzuhurnya sah dan tidak wajib baginya shalat jum'at, maka ketika melakukan shalat jum'at hukum shalatnya sah dan sudah bisa mencukupi atas shalat dzuhur yang tidak dikerjakannya." (Fathul Wahhab juz 1 hlm 119)
"Di perkenankan bagi wanita yang tidak berkewajiban jum’at seperti budak, musafir, dan wanita untuk melaksanakan shalat jum’at sebagai pengganti Dzuhur, bahkan shalat jum’at lebih baik, karena merupakan kewajiban bagi mereka yang sudah sempurna memenuhi syarat dan tidak boleh diulangi dengan shalat Dzuhur sesudahnya, sebab semua syarat-syaratnya sudah terpenuhi secara sempurna." (Bughyah al-Mustarsyidin hlm 78-79)
File Dokumen Fiqh Menjawab
Akan tetapi jika wanita melakukan shalat jum'at, maka baginya sudah mencukupi dari shalat dzuhur.
ومن صح ظهره ممن لا تلزمه جمعة صحت) جمعته لانها إذا صحت ممن تلزمه أولى وتغني عن ظهره
"Orang yang shalat dzuhurnya sah dan tidak wajib baginya shalat jum'at, maka ketika melakukan shalat jum'at hukum shalatnya sah dan sudah bisa mencukupi atas shalat dzuhur yang tidak dikerjakannya." (Fathul Wahhab juz 1 hlm 119)
يَجُوْزُ لِمَنْ لاَ تَلْزَمُهُ الْجُمْعَةُ كَعَبْدٍ وَمُسَافِرٍ اَوْ اِمْرَاَةٍ يُصَلِّى الْجُمْعَةَ بَدَلاً عَنِ الظُّهْرِ وَيُجْزِئُهُ بَلْ هِيَ اَفْضَلٌ ِلاَنَّهَا فَرْضٌ ِلاَهْلِ الْكَمَالِ وَلاَ تَجُوْزُ اِعَادَتُهَا بَعْدُ حَيْثُ كَمُلَتْ شُرُوْطُهَا (بغية المسترشدين فى باب الصلاة الجمعة, ص 78-79 . و فى المهذب وموهبة ذى الفضل)
"Di perkenankan bagi wanita yang tidak berkewajiban jum’at seperti budak, musafir, dan wanita untuk melaksanakan shalat jum’at sebagai pengganti Dzuhur, bahkan shalat jum’at lebih baik, karena merupakan kewajiban bagi mereka yang sudah sempurna memenuhi syarat dan tidak boleh diulangi dengan shalat Dzuhur sesudahnya, sebab semua syarat-syaratnya sudah terpenuhi secara sempurna." (Bughyah al-Mustarsyidin hlm 78-79)
File Dokumen Fiqh Menjawab
Categories:
Syariah
2 komentar :
sholat 5 (subuh,dhuhur,ashar,maghrib,isya) wajib
shalat jumat wajib
sebelumnya saya mohon maaf tidak bermaksud menyakiti pihak manapun ini adalah ilmu yang saya pelajari
alasan kenapa shalat jumat mengganti dhuhur
1. Alloh hanya mewajibkan 5 KALI sholat
- matan hadistnya bukan lima kali tapi LIMA SHOLAT
- kalau di pahami KALI maka boleh dikatakan sholat jenazah pengganti solat subuh,atau dhuhur, atau ashar, atau maghrib, atau isya,
- kalau ada jenazah disholati maka orang tersebut tdk dikatakan shalat 6 tapi sholat 5 + sholat ied
- kalau sholat jumat wajib dhuhur juga wajib juga bkn berarti shalat 6 tapi sholat 5 + sholat Ied (jumat
- kalau jumat pengganti dhuhur justru tdk sholat 5 tapi sholat 4 + sholat dhuhur)
- dari segi jumlah sholat lima ya sholat lima (subuh dhuhur ashar maghrib isya)
- tentang sholat lima adalah ketetapan Alloh dalam Mi'roj Rosululloh dan tdk akn di ganti
2- knpa yg diganti jumat itu dhuhur kok bnukan ashar atau isya atau subuh atau maghrib
-karena kurang memahami waktu sholat jumat, berdasarkan dalil2 yg ada waktu sholat jumat itu HARI jumat
- jumat di waktu dhuhur sama halnya sholat menghadap arah barat (bukan kiblat)
- ayat terakhir annisa 103 sholat didirikan atas waktunya MASINGMASING artinhya tdk mungkin sholat satu menempati sholat lain, yang mungkin bertepatan
- sholat ibadahnya dhuhur waktunya
- sholat ibadahnya jumat waktunya
- sholat ibadahnya jenazah waktunya
- setiap sholat pasti dinamakan berdasarkan waktu.
- artinya alasan jumat pengganti dhuhur dari segi waktu itu tdk kuat atau terbantahkan
3- meninggalkan sholat dhuhur karena tidak disyariatkan sholat dhuhur setelah jumat
- itu karena berdasar dalil sholat lima tapi dari dalil sholat jumat
- harusnya mencari dalil sholat dhuhur ya di dalil sholat lima bukan dari dalil sholat jumat
- kenapa tdk ada hadist nabi yang tetap mewajibkan dhuhur, justru karena tidak ada hadist karena zaman rosululloh tidak ada masalah sholat jumat pengganti dhuhur muncul pada masa ulama madzhab menurut kitab tanwirul qulub fii muamalah alamil ghuyub
4- menurut saya berdasarkan dalil2 dan setelah mempelajari keduanya (pengganti dan bukan pengganti):
- lebih kuat bukan pengganti
- yang mengeluarkan dalil serta alasan harus yang meninggalkan dhuhur bukan yang tetap wajib dhuhur
- karena hukum asalnya sholat dhuhur dan jumat sama2 wajib
- jika benar sholat jumat pengganti dhuhur akan bertabrakan dengan logika serta bertentangan denggan sholat2 lain artinya hukum islam hancur
- insya Alloh jika kita tmenyampingkan emosi dan mau mempelajari lebih dalam, akan menemukan jalan
- jangan ikuti pendapat saya tapi silakan diteliti sendiri dan diskusikan bersama ummat muslim lain dan yang terakhir
- janganlah berTaklid dan mengikuti satu pendapat saja sesungguhnya dasar islam hanya Al Quran dan AS Sunnah
Terima kasih atas diskusi dan berbai ilmunya, saya kira kita masih dalam pemahaman yang sama pada masalah apakah shalat dzuhur berkedudukan sebagai pengganti ataupun bukan pengganti.
Saya kira yang diutarakan oleh anda sayapun berfaham seperti itu. terima kasih
Post a Comment