Shalat Dluha

Posted by Unknown on Friday, April 04, 2014 with No comments
Jumlah Rakaat Shalat Dluha

Paling sedikit shalat dluha adalah dua rakaat. Sedang paling banyak adalah 12 rokaat. Tapi yang mu'tamad (dijadikan pegangan) adalah 8 rakaat. Berdasarkan hadits dari Abu Dzar:

أن النبي صلى الله عليه وسلم دخل بيتها يوم فتح مكة وصلى ثماني ركعات، فلم أر صلاة قط أخف منها؛ غير أنه يتم الركوع والسجود

"Nabi Muhammad pada hari pembebasan Makkah (fathu Makkah) masuk ke rumahnya dan shalat delapan rakaat. Aku tidak pernah melihat shalat yang lebih ringan (lebih cepat) dari itu. Akan tetapi beliau tetap menyempurnakan ruku' dan sujud." (HR. Bukhari dan Muslim).

Pendapat 8 rakaat adalah yang mu'tamad sebagaimana dinyatakan Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmuk. Namun, menurut kitab Ar-Raudhah, jumlah rakaat dhuha terbanyak adalah 12 rakaat. Ini merupakan pendapat Madzhab Hanafi, salah satu riwayat dari Imam Ahmad, dan pendapat lemah dalam Madzhab Syafi’i. Pendapat ini berdalil dengan hadis Anas radhiallahu’anhu:

من صلى الضحى ثنتي عشرة ركعة بنى الله له قصرا من ذهب في الجنة

“Barangsiapa yang shalat dhuha 12 rakaat, Allah buatkan baginya satu istana di surga.” Namun hadis ini termasuk hadis dhaif. Hadis ini diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibn Majah, dan Al-Mundziri dalam Targhib wat Tarhib. Tirmidzi mengatakan, “Hadis ini gharib (asing), tidak kami ketahui kecuali dari jalur ini.” Hadis ini didhaifkan sejumlah ahli hadis, diantaranya Al-Hafidz Ibn Hajar Al-Asqalani dalam At-Talkhis Al-Khabir.

Apabila melaksanakan shalat dhuha lebih dari dua rakaat, maka yang utama dilaksanakan dengan dipisah salam setiap dua rakaat berdasarkan hadits riwayat Ahmad dan lain-lain: صلاة الليل والنهار مثنى مثنى. Shalat malam atau siang (hendaknya dilakukan) dua rakaat dua rakaat. Namun boleh dilakukan delapan rakaat dengan satu kali salam.

Waktu Shalat Dluha

Shalat dhuha bisa dilakukan setelah naiknya matahari setelah terbit sampai waktu dhuhur. Akan tetapi waktu yang paling utama adalah ketika berlalu seperempat siang (sekitar jam setengah sepuluh).

ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ( 4) /36 ﺃَﻣَّﺎﺣُﻜْﻢُ ﺍﻟْﻤَﺴْﺄَﻟَﺔِ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺃَﺻْﺤَﺎﺑُﻨَﺎ ﺻَﻠَﺎﺓُ ﺍﻟﻀُّﺤَﻰ ﺳُﻨَّﺔٌ ﻣُﺆَﻛَّﺪَﺓٌﻭَﺃَﻗَﻠُّﻬَﺎ ﺭَﻛْﻌَﺘَﺎﻥِ ﻭَﺃَﻛْﺜَﺮُﻫَﺎ ﺛَﻤَﺎﻥِ ﺭَﻛَﻌَﺎﺕٍ ﻫَﻜَﺬَﺍ ﻗَﺎﻟَﻬُﺎﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﻭَﺍﻟْﺄَﻛْﺜَﺮُﻭﻥَ ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺮﻭﻳﺎﺗﻰ ﻭَﺍﻟﺮَّﺍﻓِﻌِﻲُّ ﻭَﻏَﻴْﺮُﻫُﻤَﺎﺃَﻛْﺜَﺮُﻫَﺎ ﺍﺛْﻨَﺘَﻲْ ﻋَﺸْﺮَﺓَ ﺭَﻛْﻌَﺔً ﻭَﻓِﻴﻪِ ﺣَﺪِﻳﺚٌ ﻓِﻴﻪِ ﺿَﻌْﻔٌﺴَﻨَﺬْﻛُﺮُﻩُ ﺇﻥْ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻭَﺃَﺩْﻧَﻰ ﺍﻟْﻜَﻤَﺎﻝِ ﺃَﺭْﺑَﻌٌﻮَﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻨْﻪُ ﺳِﺖٌّ ﻗﺎﻝ ﺍﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻭﻳﺴﻠﻢ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻭﻳﻨﻮﻯ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻣِﻨْﺎﻟﻀُّﺤَﻰ ﻭَﻭَﻗْﺘُﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺍﺭْﺗِﻔَﺎﻉِ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲِ ﺇﻟَﻰ ﺍﻟﺰَّﻭَﺍﻝِ ﻗَﺎﻝَ ﺻَﺎﺣِﺒُﺎﻟْﺤَﺎﻭِﻱ ﻭَﻗْﺘُﻬَﺎ ﺍﻟْﻤُﺨْﺘَﺎﺭُ ﻗﺎﻝ ﺇﺫَﺍ ﻣَﻀَﻰ ﺭُﺑْﻊُ ﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭِ ﻟِﺤَﺪِﻳﺜِﺰَﻳْﺪِ ﺑْﻦِ ﺃَﺭْﻗَﻢَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻬُﻌَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﺻَﻠَﺎﺓُ ﺍﻟْﺄَﻭَّﺍﺑِﻴﻦَ ﺣِﻴﻦَ ﺗَﺮْﻣَﺾُ ﺍﻟْﻔِﺼَﺎﻟُﺮَﻭَﺍﻩُ ﻣُﺴْﻠِﻢ

(Al Majmu' juz 4 hlm 36)

Doa Setelah Shalat Dluha

Doa yang disunnahkan untuk dibaca setelah shalat dhuha adalah sebagai berikut:
اللَّهُمَّ إنَّ الضُّحَى ضَحَاؤُك وَالْبَهَا بَهَاؤُك وَالْجَمَالُ جَمَالُك وَالْقُوَّةُ قُوَّتُك وَالْقُدْرَةُ قُدْرَتُك وَالْعِصْمَةُ عِصْمَتُك اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضَحَائِكَ وَبِهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك آتِنِي مَا آتَيْت عِبَادَك الصَّالِحِينَ


File Dokumen Fiqh Menjawab
Categories: