Al Ghazali; Empat Jenis Manusia

Posted by Nasyit Manaf on Thursday, July 02, 2015 with No comments
Ilustrasi para santri sedang belajar

Hujjatul islam Al Imam Abi Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali (wafat 505 H) membagi jenis manusia menjadi 4 macam dilihat dari kapasitas keilmuan yang dimilikinya masing-masing, sehingga bagaimana nantinya sikap kita terhadap keempat jenis manusia tersebut tidak terjadi keluputan memposisikan diri mana yang perlu diikuti dan harus dijauhi.


Dalam kitabnya Ihya Ulumiddin, dengan menukil ungkapan dari Al-Kholil bin Ahmad, Al Ghazali menggolongkan 4 jenis manusia yaitu:
1. Rajul yadri wa yadri annahu yadri
2. Rajul yadri wa laa yadri annahu yadri
3. Rajul laa yadri wa yadri annahu laa yadri
4. Rajul laa yadri wa laa yadri annahu laa yadri

وَقَالَ الْخَلِيْلُ بْنُ أَحْمَدَ : الرِّجَالُ أَرْبَعَةٌ رَجُلٌ يَدْرِيْ وَيَدْرِيْ أَنَّهُ يَدْرِيْ فَذَلِكَ عَالِمٌ فَاتَّبِعُوْهُ , وَرَجُلٌ يَدْرِيْ وَلاَيَدْرِيْ أَنَّهُ يَدْرِيْ فَذَلِكَ نَائِمٌ فَأَيْقِظُوْهُ, وَرَجُلٌ لاَيَدْرِيْ وَيَدْرِيْ أَنَّهُ لاَيَدْرِيْ فَذَلِكَ مُسْتَرْشِدٌ فَأَرْشِدُوْهُ, وَرَجُلٌ لاَيَدْرِيْ وَلاَيَدْرِيْ أَنَّهُ لاَيَدْرِيْ فَذَلِكَ جَاهِلٌ فَارْفَضُوْهُ


Al-Kholil bin Ahmad menyatakan manusia dibagi empat golongan;
1. Orang yang tahu, dan tahu bahwa ia tahu. Ia adalah orang yang alim, maka ikutilah!
2. Orang yang tahu, namun tidak tahu bahwa ia tahu. Ia adalah orang yang tertidur, maka bangunkanlah!
3. Orang yang tidak tahu, dan tahu bahwa ia tidak tahu. Ia adalah orang yang mencari petunjuk, maka berilah ia petunjuk!
4. Orang yang tidak tahu, namun tidak tahu bahwa ia tidak tahu. Ia adalah orang bodoh, maka jauhilah! (Ihya Ulumiddin Juz I hlm 80, Dar al-fikr)
Categories: