Subhanallah, Ternyata Tadarus Al Quran Menjadikan Tubuh Sehat

Posted by Nasyit Manaf on Thursday, July 09, 2015 with No comments
Anak-anak sedang membaca Al Qur'an

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan adalah memperbanyak tadarus Alquran. Ternyata, tadarus itu tidak hanya bernilai ibadah, tapi mengandung hikmah kesehatan. “Tadarus bikin badan sehat,” kata  Direktur Halimun Medical Center (HMC) Dr H Briliantono M Soenarwo SpOT, FICS, MD, PhD, MBA di Jakarta, Kamis (2/7).

Laki-laki yang akrab dipanggil Tony mengutip hasil penelitian seorang profesor dari Jepang bernama Masaru Emoto tentang air. Ternyata air itu kalau dibacakan hal-hal yang positif (misalnya ucapan “terima kasih”), maka ia akan merespons positif pula. Struktur airnya berupa gambar berlian.

Sebaliknya, kalau air tersebut dibacakan hal-hal negatif, maka ia akan merespons negatif pula. Struktur airnya tidak beraturan atau berantakan.

Tubuh manusia, kata Dr Tony, terdiri dari 80 persen air. Otak terdiri dari 80 persen air. Darah mengandung 85 persen air. Tulang mengandung 22 persen air. “Air, kalau kita perhatikan, sifatnya seperi compact disk (CD) atau pita magnetik. Ia bisa bisa merekam. Suara-suara yang baik direkam, demikian pula suara-suara yang buruk direkam,” tuturnya.

"Kalau seseorang tadarus Alquran, berarti ia menyampaikan atau memperdengarkan hal-hal yang baik (mengenai ayat-ayat Allah). Suara-suara yang baik itu direkam oleh air yang ada di dalam organ-organ tubuh manusia dan disampaikan ke seluruh tubuh. Dampaknya, tubuh kita akan sehat,” tambahnya.

Karena itu, kata Tony, tadarus itu penting sekali. “Rutinkanlah tadarus, khususnya di bulan Ramadhan ini, maupun setelah Ramadhan. Jadikan tadarus sebagai amalan kita sehari-hari,” ujar Tony yang menulis sejumlah buku tentang kesehatan menurut pandangan Islam dan medis, seperti “Allah Sang Tabib”, “Sehat Tanpa Obat”, “Sehat Holistik Ala Rasulullah” dan “Jangan Takut Sehat”.

Lalu, sebaiknya berapa halaman yang harus dibaca agar tadarus itu memberi dampak terhadap kesehatan tubuh? “Tidak perlu ngoyo harus sekian halaman. Yang penting, setiap selesai shalat fardhu, rutinkan membaca Alquran meskipun hanya satu atau dua halaman. Bacalah Alquran meskipun hanya lima atau 10 menit,” kata Tony.

Ia menambahkan, “Insya Allah kalau tiap hari kita tadarus Alquran, maka suara bacaan kita itu akan sampai ke otak dan seluruh tubuh kita, sehingga tubuh kita pun menjadi sehat.”

Sumber: republika.co.id
Categories: