Wira'inya Abu Bakar

Posted by Nasyit Manaf on Thursday, January 17, 2013 with No comments

Di masa Rosululloh saw masih hidup, terdapat banyak shohabat yang sangat berhati-hati dalam kehidupannya, salah satu diantaranya adalah Abu Bakar Shidiq ra. Beliau merupakan salah satu sahabat Nabi yang terkenal dengan kebijaksanaan dan kasih sayangnya.
Derajat keimanan Abu Bakar ra melebihi keimanan seluruh umat manusia di atas permukaan bumi. Pada suatu waktu Nabi bersabda “Seandainya keimanan Abu Bakar ra ditimbang,  pastilah ia akan melebihi beratnya keimanan seluruh umatku”.
Abu Bakar ra dalam setiap langkahnya sangat berhati-hati sekali, ia sangat takut akan terjerumus dalam hal-hal yang diharamkan oleh Allah swt.
Pada suatu waktu Abu Bakar ra berjumpa dengan hamba sahayanya yang seharian tidak terlihat karena pergi untuk keluar, sepulang dari kerja budak tadi membawa botol yang berisikan susu.
Selang beberapa waktu setelah bertemu dengan tuannya (Abu Bakar ra) ia pun menawarkan susu yang dibawanya ”Wahai tuanku maukah engkau aku beri susu ini?”. Kemudian Abu Bakar pun menerima dan langsung meminumnya, hamba tadi sangatlah bahagia karena pemberian darinya telah diterima, lalu ia berkata, “Wahai tuanku ini adalah susu yang aku peroleh dari hasil tebakan dengan orang-orang yang telah aku menangkan.” Tercenganglah Abu Bakar ra mendengarkan hambanya tadi, air susu yang telah terminum olehnya pun dengan segera beliau keluarkan, ia berusaha dengan keras untuk memuntahkannya sampai-sampai hampir merenggut nyawa beliau.
Categories: