Hukum Memakan Laron

Posted by Unknown on Thursday, December 11, 2014 with No comments
Laron hukum memakannya adalah haram.

( الأرضة ) دويبة صغيرة كنصف العدسة تاكل الخشب وهي التى يقال لها السرفة وهي دابة الأرض التى ذكرها الله تعالى في كتابه ولما كان فعلها في الأرض اضيفت اليها قال القزوينى فى الأشكال اذا اتى على الارضة سنة نبت لها جناحان طويلان تطير بهما ... ومن شأنها أنها تبنى لنفسها بيتا حسنا من عيدان تجمعها مثل غزل العنكبوت منخرطا من اسفله الى أعلاه (الحكم) يحرم أكلها لإستقذارها اهـ

"Rayap atau serangga kecil seukuran separuh biji-bijian, pemakan kayu, dikenal juga dengan nama tempayak. Hewan merayap dibumi inilah yang dicantumkan Allah dalam al-Quran, berkata al-Qazwiny dalam kitab al-Isykaal, “Bila dibumi tiba musim semi ia memiliki dua sayap panjang yang dia gunakan terbang, sebagian karakternya ia mampu membangun untuk dirinya sarang indah dari potongan-potongan kayu yang ia gunakan untuk berkumpul sebagaimana pintalan laba-laba yang berkatung dari bawah hingga keatas.

Lebah atau tawon juga haram dimakan walaupun susunya halal diminum. Akan tetapi ada Ulama Salaf yg menghalalkannya sebagaimana belalang dan ini adalah pendapat lemah (dho’if) dalam madzhab." (Kitab Tahqiqul Hayawan juz I hal 60)
Categories: