5 Penyebab Cinta Kepada Allah

Posted by Nasyit Manaf on Sunday, February 08, 2015 with No comments

Tentang cinta kepada Allah, al-Ghazali merumuskan lima sebab yang menimbulkannya, yaitu:
  1. Kecintaan manusia pada diri sendiri, kekekalan, kesempurnaan dan kelanggengan hidupnya. Orang yang mengenal dirinya dan Allah denga ma'rifat yang benar, ia akan mencintai Allah. Hal ini karena ia kenal bahwa hanya Allah yang dapat menuruti harapan kecintaan pada dirinya.
  2. Kecintaan kepada yang telah berbuat baik padanya. Orang yang mengenal Allah dengan ma'rifat yang sesungguhnya, akan mencintai Allah, karena ia mengerti bahwa yang berbuat baik kepadanya adalah Allah ta'ala.
  3. Kecintaan kepada yang berbuat baik terhadap segala sesuatu. Kecintaan ini menghendaki kecintaan kepada Allah ta'ala karena Allah berbuat baik terhadap seluruh makhluk-Nya.
  4. Kecintaan kepada setiap yang indah karena keindahan itu sendiri, bukan karena keuntungan lain yang dapat diperoleh daripadanya di belakang mengetahui keindahan. Orang yang mengenal Allah dengan ma'rifat yang sebenarnya, hatinya akan melihat bahwa Allah adalah yang paling indah dari segala macam keindahan, dan oleh karena itu ia pasti akan mencintai-Nya.
  5. Cinta yang timbul karena saling menyesuaikan. Seseorang mencintai orang lain cenderung karena kesesuaian. Orang yang berilmu lebih banyak cenderung kepada orang yang berilmu juga. Anak kecil mengasihi anak kecil dan orang besar berkasih sayang dengan orang besar. Burungpun berkasih sayang dengan jenisnya. Maka saling mengenal adalah saling menyesuaikan. Manusia yang baik maka akan mempunyai sifat-sifat yang baik. Apabila dilihat secara batiniah sifat-sifat baik manusia mempunyai kesesuaian denga sifat-sifat Allah. Hanya orang-orang yang berjalan menuju kepada Allah saja yang dapat membuka rahasia kesesuaian tersebut. Kesesuaian ini tidaklah kelihatan melainkan dengan membiasakan melakukan ibadah-ibadah kepada Allah. (Ihya Ulumiddin juz 4 hlm 510)
Sebagaimana sebab keempat yang disebutkan di atas, Ibnu 'Arabi menyatakan bahwa basis dan sebab semua cinta adalah keindahan. Tuhan mencintai makhlukNya karena makhluk adalah keindahan yang diciptakan sendiri oleh Tuhan. Sedangkan manusia mencintai Tuhan karena melihat keindahan Tuhan. Tuhan Maha Indah dan sumber segala keindahan.
Categories: