Life is Choice

Posted by Nasyit Manaf on Wednesday, February 04, 2015 with No comments
Singkatnya hidup seorang manusia di dunia oleh pepatah jawa dibilang, “urip mung mampir ngombe nang warung”. Berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan secangkir kopi?


Firman Allah Swt., "Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu." (QS. Al Hajj: 47)


Seandainya perbandingan waktu 1000 tahun di akhirat berbanding sehari di dunia, dan dengan melihat umur Nabi Saw. yang wafat pada usia 63 tahun, maka rata-rata umur umat Beliau yang berkisar 60-70 tahun itu sebanding dengan 1,5 jam akhirat (1,5 jam akhirat = 62,5 tahun).


Pantas jika hidup itu diibaratkan laiknya mampir ngombe di warung yang mungkin umumnya butuh waktu 1,5 jam saja. Tinggal bagaiman orang itu memilih cara untuk menghabiskan kopi yang diminumya sebelum pergi dari warung tersebut. Hidup itu berawal dari B (Birth) dan berakhir di D (Death), diantara kedua huruf itu ada huruf C (Choice). Maknai setiap kehidupan ini dengan pilihan yang cerdas. Pilih pulang ke kanan atau balik ke kiri?
Categories: