Asal Mula Garam

Posted by Unknown on Sunday, February 15, 2015 with No comments
Masakan tanpa adanya garam pastilah akan berasa kurang meskipun berupa daging sekalipun. Begitu besar peranan garam salah satunya untuk pelengkap rasa setiap masakan. Menurut sebuah kisah diceritakan awal mula terciptanya garam adalah permohonan Nabi Ibrohim As. untuk umat Nabi Muhammad Saw. Diceritakan dalam sebuah kitab:

فائدة قيل إن إبراهيم صلى الله عليه وسلم اراد ان يجعل لأمة محمد صلى الله عليه وسلم ضيافة إلى يوم القيامة فقال الله إنك لا تقدير على ذلك فقال إلهي أنت اعلم بحالي وقادر على إجابة سؤالي فاستجاب له فأمر جبريل أن يأتي إليه بكف من كافور الجنة ويصعد به الى جبل ابي قبيس وينفخه في الجو ففعل ذلك فانتشر في الارض في كل موضع وقع فيه منه شيء صار ملحا إلى يوم القيامة فجميع الملح في الارض من ضيافة ابراهيم - كتاب النوادر ص ١١٤/١١٥

Sebuah Faidah. Ada pendapat, bahwa Nabi Ibrohim As. ingin sekali memberikan kenang-kenangan jamuan buat ummat Nabi Muhammad Saw. hingga ahir zaman. Maka kemudian Allah berfirman: "Kamu tidak akan mampu atas semua itu wahai Ibrohim."
Kemudian Nabi Ibrohim As. memohon pada Allah dalam doanya: "Wahai Tuhanku hanya Engkaulah Dzat yang Maha Tahu dengan segala tingkahku dan hanya Engkaulah yang mampu mengabulkan doaku."

Maka Allah Swt. mengabulkan permohonan Nabi Ibrohim As. dan memerintah malaikat Jibril As. untuk membawakan segenggam kapur dari syurga , kemudian malaikat Jibril naik ke puncak gunung Abi Qubais kemudian meniupkan kapur tersebut ke angkasa maka bertebaranlah kapur tersebut di angkasa hingga jatuh ke pelosok bumi, yang mana tiap-tiap tempat yang kejatuhan kapur syurga tersebut jadi garam sepanjang masa.

Inilah salah satu jamuan kenang-kenangan dari Nabi Ibrohim As. untuk umat Nabi Muhammad Saw. sampai hari kiamat. Diantara pelosok bumi yang kejatuhan kapur tersebut adalah lautan, itu mengapa air laut menjadi asin. Wallohu A'lam
Kitab: Al Nawaadir 114/115
Categories: