Mandi Wajib, Haruskah Shampoan ?

Posted by Unknown on Sunday, March 02, 2014 with No comments
Mandi wajib adalah cara yang dilakukan untuk menghilangkan hadas besar seperti keluar mani, berhubungan badan, haid dan sebagainya.

فصل . فروض الغسل اثنان : النية ، وتعميم البدن بالماء

"Fardlunya mandi ada dua: Niat dan meratakan anggota badan (termasuk kulit dan rambut) dengan menggunakan air." (Safinatunnaja 23)

(وإيصال الماء إلى جميع الشعر والبشرة) وفي بعض النسخ بدل جميع أصول، ولا فرق بين شعر الرأس وغيره، ولا بين الخفيف منه والكثيف، والشعر المضفور إن لم يصل الماء إلى باطنه إلا بالنقض وجب نقضه

"(Salah satu fardlunya mandi) yaitu mendatangkan air keseluruh rambut dan kulit. Tidak ada perbedaan antara rambut kepala dan lainnya, antara rambut yang tipis dan tebal. Rambut yang diikat jika bisa mencegah datangnya air sampai ke kulit kepala kecuali dengan cara dilepas, maka wajib melepasnya." (Fathul Qarib juz 1 hlm 8)

Sebenarnya mandi wajib tidak diharuskan shampoan pada rambutnya, karena yang wajib hanyalah mendatangkan air sampai ppada seluruh rambut hingga kulit kepala. Jadi fungsi atau tujuan menggunakan shampo adalah agar memudahkan air bisa sampai ke kulit kepala dengan mudah, berbeda dengan mandi tanpa menggunakan shampo mungkin akan terasa sulit air bisa sampai ke kulit kepala, apalagi jika rambutnya tebal. Padahal jika ada bagian kulit kepala walau hanya sedikit yang tidak terbasuh air maka mandinya belum sah.

Jadi, shampoan tidaklah wajib tapi menyempurnakan mandi.
Categories: