Memejamkan Mata Ketika Sholat

Posted by Nasyit Manaf on Thursday, March 06, 2014 with No comments
Sebagaimana diterangkan dalam kitab-kitab fiqih bahwasanya disunatkan bagi orang yang sedang sholat untuk mengarahan pandangannya ketempat sujudnya, dari sini muncul satu permasalahan tentang hukum memejamkan mata ketika sholat, yang akhirnya memunculkan dua pendapat berbeda :

Menurut Syekh Al-Abdari, salah seorang ashhab Syafi'i, memejamkan mata saat sholat hukumnya makruh, pendapat ini dinuqil dari tabi'in, alasannya bahwa hal tersebut merupakan kebiasaan orang-orang yahudi. Begitu juga tidak ditemukan riwayat bahwa nabi atau shohabat pernah sholat dengan memejamkan mata. Bahkan terdapat satu hadits yang melarang memejamkan mata ketika sholat  ;

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ فِي الصَّلَاةِ فَلَا يَغْمِضْ عَيْنَيْهِ

Dari Ibnu Abbas, beliau berkata, Rosululloh saw bersabda : "Jika salah seorang diantara kamu sekalian sedang sholat, janganlah memejamkan kedua matanya." (Al-Mu'jam Al-Kabir Lith-Thobroni, no.10956 ).

Sedangkan menurut pendapat yang dipilih oleh Imam Nawawi, Memejamkan mata ketika sholat hukumnya boleh, tidak makruh jika tidak mengkhawatirkan terjadinya bahaya bagi dirinya atau orang lain, Alasannya karena tidak ditemukan larangan mengenai hal tersebut.

Alasan kedua bahwa dengan memejamkan mata, seseorang dapat menghindarkan dirinya dari melihat hal-hal yang mengganggu kekhusu'annya, padahal khusu' adalah ruh dari sholat . Karena itulah Syekh Ibnu Abdissalam memfatwakan bahwasanya jika orang yang sholat jika tidak memejamkan kedua mata akan membuat kekhusu'annya tergangu, maka sholat dengan memejamkan mata lebih baik dari pada membuka mata. Imam Ar-Romli menegaskan, disunatkan memejamkan mata ketika sholat jika didepannya terdapat tembok yang dihiasi atau hal-hal apa saja yang dapat mengganggu pikirannya.Bahkan bisa jadi wajib kalau di depannya terdapat hal-hal yang harom untuk dilihat.

Kesimpulannya, terdapat perbedaan pendapat mengenai hukum memejamkan mata saat sholat, ada yang mengatakan makruh dan ada yang mengatakan mubah. Dan hukumnya bisa menjadi makruh apabila menimbulkan bahaya, bisa menjadi haram bila bahaya yang ditimbulkan sangat berat. Namun bisa juga hukumnya menjadi sunat, jika perkara-perkara yang mengganggu kekhusu'annya, bahkan bisa menjadi wajib jika terdapat hal-hal yang di haramkan untuk dilihat.

Referensi :
Kitab Majmu', Juz : 3  Hal : 314

فرع : أما تغميض العين في الصلاة فقال العبدري من أصحابنا في باب اختلاف نية الإمام والمأموم يكره أن يغمض المصلي عينيه في الصلاة قال قال الطحاوي وهو مكروه عند أصحابنا أيضا وهو قول الثوري وقال مالك لا بأس به في الفريضة والنافلة. دليلنا أن الثوري قال إن اليهود تفعله قال الطحاوي ولأنه يكره تغميض العين فكذا تغميض العينين هذا ما ذكره العبدري ولم أر هذا الذي ذكره من الكراهة لأحد من أصحابنا والمختار أنه لا يكره إذا لم يخف ضررا لأنه يجمع الخشوع وحضور القلب ويمنع من إرسال النظر وتفريق الذهن قال البيهقي وقد روينا عن مجاهد وقتادة أنهما كرها تغميض العينين في الصلاة وفيه حديث قال وليس بشئ

Kitab Minhajut Tholibin, Hal : 30

قلت: يسن إدامة نظره إلى موضع سجوده وقيل: يكره تغميض عينيه وعندي لا يكره إن لم يخف ضررا

Kitab Nihayatyul Muhtaj, Juz : 1  Hal : 546

قيل يكره تغميض عينيه) قاله العبدري من أصحابنا تبعا لبعض التابعين لأن اليهود تفعله، ولم ينقل فعله عنه - عليه الصلاة والسلام - ولا عن أحد من الصحابة - رضي الله عنهم - (وعندي لا يكره) وعبر عنه في الروضة بالمختار (إن لم يخف) منه (ضررا) والنهي عنه إن صح يحمل على من خافه، وقد يجب إذا كان العرايا صفوفا، وقد يسن كأن صلى لحائط مزوق ونحوه مما يشوش فكره، قاله العز بن عبد السلام

Kitab Tuhfatul Muhtaj, Juz : 2  Hal : 100

قيل) أي قال العبدري من أصحابنا كبعض التابعين.(يكره تغميض عينيه) لأنه فعل اليهود وجاء النهي عنه لكنه من طريق ضعيف (و) الأفقه (عندي) أنه (لا يكره إن لم يخف ضررا) يلحقه بسببه إذ لم يصح فيه نهي وفيه منع لتفريق الذهن فيكون سببا لحضور القلب ووجود الخشوع الذي هو سر الصلاة وروحها ومن ثم أفتى ابن عبد السلام بأنه أولى إذا شوش عدمه خشوعه أو حضور قلبه مع ربه أما إذا خشي منه ضرر نفسه أو غيره فيكره بل يحرم إن ظن ترتب حصول ضرر عليه لا يحتمل عادة كما هو ظاهر وقول الأذرعي كان الأحسن أن يقول إن لم تكن فيه مصلحة ممنوع

Kitab Mughnil Muhtaj, Juz : 1  Hal : 390

وقيل: يكره تغميض عينيه) قاله العبدري من أصحابنا تبعا لبعض التابعين؛ لأن اليهود تفعله، ولم ينقل فعله عن النبي - صلى الله عليه وسلم - ولا عن أحد من الصحابة - رضي الله تعالى عنهم -، وقد ورد في النهي عنه حديث ضعيف كما أشار إليه البيهقي (وعندي لا يكره) عبر في الروضة بالمختار (إن لم يخف) منه (ضررا) على نفسه أو غيره لعدم ورود نهي فيه كما مر فإن خاف منه ضررا كره. قال ابن النقيب:، وينبغي أن يحرم في بعض صوره، وأفتى ابن عبد السلام بأنه إذا كان عدم ذلك يشوش عليه خشوعه أو حضور قلبه مع ربه فالتغميض أولى من الفتح

File Dokumen Fiqh Menjawab
Categories: